Posts

Showing posts from March 19, 2007

Reaktualisasi Pemikiran Amien Rais

Image
http://www.shofwankarim.blogspot.com
Reaktualisasi Pemikiran Amien Rais OLeh Shofwan Karim Kamis, 15-Maret-2007, 09:26:31
Dua hari ini, (14-15/3) Prof Dr H Amien Rais MA, singkatnya Pak Amien berada di Sumbar. Kedatangan Ketua MPR RI 1999-2004 itu pada dasarnya atas undangan Dewan Pimpinan Daerah Ikatakan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM).

Dengan bantuan H M Asli Chaidir, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Sumbar. Penulis diundang mengikuti acara yang diisi dengan pengajian pimpinan, pencerahan, tausiah dan orasi ilmiah diadakan di Kantor PW Muhammadiyah, di halaqah jemaah Masjid Taqwa dan Milad ke-43 IMM Sumbar di Asrama Haji Tabing, kemarin. 



Kebetulan saat ini pasca bencana gempa di Sumbar, kabarnya hari ini Ketua PP Muhammadiyah 1995-1998 itu akan memperlihatkan hati yang luluh, mata yang sabak sambil memperlihatkan putih kapas boleh dilihat dan putih hati berkedaan, memberikan sumbangan kepada korban gempa Sumbar di Kota Padangpanjang.
 Pak Amien adalah idola …

Toleransi dan Hari Libur Nasional

http://www.shofwankarim.blogspot .com


Oleh Shofwan Karim
(Dosen FU IAIN IB Padang, Rektor UMSB dan Ketua PWM Sumbar 2000-2005)

Pada tahun lalu (2006) Indonesia paling banyak memiliki hari libur umum atau hari libur nasional di antara 4 negara utama di kawasan regional ini. Berdasarkan catatan Marek Bialoglowy's Blog (http://bialoglowy.blogspot.com/2006/01/happy-new-year-2006-from-indonesia.html), Indonesia memiliki hari libur umum (17 hari). Bandingkan dengan Malaysia (14 hari), Singapura (12 hari) dan Australia (8 hari). Angka nominal 17 hari libur umum tahun lalu itu di Indonesia lebih banyak dari tiga negara tetangga lainnya, disebabkan ada istilah cuti bersama. Cuti bersama yaitu hari libur yang diatur mendahului atau sesudah beberapa hari dari hari yang sebenarnya libur. Bila cuti bersama ini tidak dihitung, maka Malaysia (14 hari) lebih banyak hitungannya.
Kecuali Australia, hanya menempatkan Hari Natal sebagai hari libur umum yang berdasarkan kalender agama, maka Indonesia, Mal…