Shofwan Pimpin Tim Seleksi KPU Sumbar

http://www.shofwankarim.blogspot.com
..:: Padang Ekspres ONLINE ::..Data / Rakyat Sumbar
Jadwal Seleksi Anggota KPU Sumbar Rampung, Shofwan Karim Pimpin Tim Seleksi KPU

Sabtu, 29-Desember-2007, 06:59:23
Padang, Padek—Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar yang terdiri dari Syofwan Karim, Rusdi Zen, Elwi Danil, Yulman Munaf dan Mukhtiar Mukhtar, sejak Kamis (27/12) lalu, sudah mulai bekerja. Mereka menggelar rapat perdana di kantor KPU Sumbar dengan agenda menyusun struktur tim dan akhirnya Shofwan Karim terpilih sebagai ketua dengan Sekretaris Rusdi Zen.
Syofwan Karim kepada Padang Ekspres kemarin mengatakan, selain menyusun struktur, agenda tim untuk lima bulan ke depan sampai terbentuknya KPUD yang baru sudah berhasil dirampungkan. Kini, tim sedang mempersiapkan perangkat keras dan lunaknya agar proses seleksi ini bisa dilaksanakan transparan dan tidak menyulitkan calon. ”Saat ini kita sedang mencari kantor yang representatif dan memikirkan kemungkinan proses pendaftaran dengan sistem internet.

Karena sistem pendaftaran dan pemasukan persyaratan administrasi langsung ke panitia tidak efektif dan akan menyulitkan calon terutama yang berasal dari daerah yang jauh dari Kota Padang. Pola dan metode terbaik sedang kita pikirkan demi suksesnya proses seleksi ini,” terangnya. Selain itu tambah Syofwan, kebutuhan anggaran untuk operasional tim sudah disusun dan usulannya sudah disampaikan ke pusat. Namun, perlu dilakukan antisipasi seandainya dana pusat tidak mencukupi. Karenanya, Senin (7/1), tim akan bertemu dengan gubernur untuk menyampaikan program dan sekaligus meminta dukungan moral dan material sehingga kinerja tim bisa maksimal dan proses seleksi berjalan dengan baik.

Berdasarkan hasil rapat tim, jadwal seleksi KPUD akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran tanggal 14 sampai 16 Januari 2008. Selanjutnya 17 Mei akan diikuti dengan pemasukan persyaratan administratif calon dan antara 28 Januari sampai 1 Februari tim akan melakukan penelitian terhadap persyaratan administrasi calon untuk memastikan keabsahan dokumen yang mereka lampirkan. Selanjutnya, tanggal 4 sampai 6 Februari tim akan mengumumkan daftar calon yang lolos administrasi untuk mengikuti tes tertulis yang digelar antara 11-15 Februari. Nama-nama yang lolos tes tertulis ini akan diumumkan antara 18-26 Februari dan disebarluaskan ke publik. Tujuannya, publik bisa memberikan respons terutama mengenai rekam jejak masing-masing sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan siapa yang pantas untuk diajukan ke KPU Pusat.

”Selama masa tanggapan tersebut, kita sangat berharap informasi dari masyarakat karena tim tidak mungkin mengetahui secara detail rekam jejak masing-masing calon. Namun, setiap tanggapan harus disertai dengan identitas dan bukti yang kuat agar bisa kita konfirmasi terhadap calon yang bersangkutan. Ini sekaligus menghindari upaya character assassination (pembunuhan karakter) terhadap calon yang belum tentu cacat,” tandasnya. Selepas masa tanggapan ini terang Shofwan antara 5-10 Maret tim akan mengumumkan 10 nama calon ke KPU Pusat untuk ditetapkan menjadi anggota KPUD. (geb)
..:: Padang Ekspres ONLINE ::.. : http://www.padangekspres.co.id/ Versi Online : http://www.padangekspres.co.id//mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=9160

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengabdian Warga Muhammadiyah: Rekonstruksi Kiprah H. Amran dalam Pendidikan

Narasi Sahabat Alumni 1972: Dr. Dra. Hj. Nurhayati Zain, B.A., M.A